BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS ?

Halaman

Jumat, 04 Mei 2012

Pentingnya mengembangkan softskill bagi Mahasiswa


        Soft skill adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan seseorang, yaitu berhubungan dengan "EQ" (Intelligence Quotient Emosional), meliputi karakter kepribadian, rahmat sosial, komunikasi, bahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme yang menjadi ciri hubungan dengan orang lain. Softskill melengkapi hard skill (bagian dari IQ seseorang), yang merupakan persyaratan kerja dari pekerjaan dan kegiatan lainnya. 
       Softskill secara spesifik adalah kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, dalam dunia kerja bisa berarti kemampuan berkomunikasi dengan rekan kerja, pelanggan atau siapapun yang berkaitan dengan pekerjaan orang tersebut.dan di luar ranah kerjanya.
       softskill juga berertu kemampuan bernegoisasi, kemampuan dalam memecahkan konflik berfikir cepat dan tepat, berfikir kreatif, kemampuan untuk mempengaruhi orang lain, kemampuan menjual, dan kemampuan menjalin koneksi. dsb.
       Softskill perlu dikembangkan karena akan mempengaruhi kemampuan mahasiswa kedepan setelah lulus. Jika softskill mahasiswa tidak dilatih dan dikembangkan,  akan berdampak pada pekerjaan yang akan dilaluinya. Efek yang ditimbulkan  seperti cepat bosan , bahkan bisa saja tidak diterima di banyak perusahaan karena kemampuan softskillnya kurang.
      jika softskill sudah kita latih sejak masa-masa mahasiswa , atau bahkan sejak masa sekolah. maka kita tidak akan canggung lagi saat kita terjun langsung dalam dunia "yang sebenarnya". yaitu dunia kerja. melalui apa? tentu saja dengan aktif dalam berorganisasi di sekolah/ universitas kita. dengan berorganisasi selama masa sekolah/kuliah, maka kemampuan-kemampuan yang tidak kita dapatkan di bangku kuliah akan kita dapatkan. Membutuhkan usaha yang keras untuk mendapatkan kemampuan ini, karena kelemahan di bidang soft skill merupakan karakter yang biasanya sudah melekat pada diri seseorang, meskipun tidak semua orang seperti itu. Setelah semakin terasah, dan soft skill kita bahkan setara dengan kemampuan kognitif maupun psikomotor, sudah pasti jenjang karir yang tinggi dan bisnis kita di masa depan yang akan meluas tidak sulit diwujudkan.
      

Lutfi-Ainuna-Desy-Arif-Ken-Tisha-Yaya 

0 komentar: